Rainbow Six Siege adalah game first-person shooter taktis yang dikembangkan oleh Ubisoft Montreal dan dirilis oleh Ubisoft.
Rekomendasi Game

Sejarah Game Rainbow Six Siege Dari Awal Hingga Kini

Rainbow Six Siege adalah game first-person shooter taktis yang dikembangkan oleh Ubisoft Montreal dan dirilis oleh Ubisoft. Berikut adalah sejarah dan perkembangan Rainbow Six Siege dari awal hingga kini:

Awal Mula dan Pengembangan

Inspirasi dan Latar Belakang

  • Tom Clancy’s Rainbow Six: Game ini merupakan bagian dari seri Tom Clancy’s Rainbow Six, yang didasarkan pada novel “Rainbow Six” karya Tom Clancy. Seri ini dikenal karena gameplay taktis dan realistis.
  • Proyek Patriot: Sebelum Rainbow Six Siege, Ubisoft Montreal mengerjakan proyek berjudul “Rainbow Six: Patriots,” yang kemudian dibatalkan karena masalah pengembangan dan perubahan arah desain.

Pengembangan Rainbow Six Siege

  • Awal Pengembangan: Setelah pembatalan Patriots, tim pengembang memutuskan untuk fokus pada elemen multiplayer yang lebih kompetitif dan berbasis tim. Pengembangan Rainbow Six Siege dimulai pada akhir 2012.
  • Realisme dan Taktik: Tim berfokus pada realisme, strategi, dan penghancuran lingkungan sebagai elemen kunci gameplay. Ini termasuk kemampuan untuk menghancurkan dinding, lantai, dan langit-langit, memberikan dimensi baru dalam taktik dan strategi.

Rilis dan Tahun-Tahun Awal (2015-2017)

Peluncuran Resmi

  • Rilis: Rainbow Six Siege dirilis pada 1 Desember 2015 untuk PlayStation 4, Xbox One, dan Microsoft Windows.
  • Fokus Multiplayer: Game ini menekankan permainan multiplayer sugar rush dengan mode seperti Bomb, Hostage, dan Secure Area. Tidak ada kampanye pemain tunggal tradisional, tetapi ada mode pelatihan yang disebut Situations.

Sambutan Awal

  • Kritik dan Pujian: Game ini mendapat sambutan yang beragam pada awalnya, dengan pujian untuk gameplay taktis dan sistem penghancuran lingkungan, tetapi juga kritik terhadap masalah teknis dan kurangnya konten saat peluncuran.
  • Komunitas yang Berkembang: Meskipun peluncuran awal yang sulit, Ubisoft terus mendukung game dengan pembaruan reguler, perbaikan bug, dan penambahan konten baru.

Perkembangan dan Ekspansi (2017-sekarang)

Model “Game as a Service”

  • Operator dan Peta Baru: Ubisoft mengadopsi model “game as a service,” dengan menambahkan operator (karakter dengan kemampuan unik) dan peta baru secara berkala melalui update dan season.
  • Year One dan Beyond: Setiap tahun, game ini menerima konten baru melalui “Year Pass” yang memberikan akses awal ke operator baru, peta, dan konten tambahan lainnya.

Perbaikan dan Penambahan Fitur

  • Operation Health: Pada 2017, Ubisoft meluncurkan “Operation Health,” inisiatif untuk memperbaiki dan memperkuat fondasi game dengan fokus pada peningkatan server, perbaikan bug, dan pengoptimalan.
  • Desain Ulang Peta dan Operator: Beberapa peta dan operator mengalami desain ulang untuk meningkatkan keseimbangan dan pengalaman bermain.

Ekosistem eSports

Kompetisi dan Turnamen

  • Pro League: Rainbow Six Siege mengembangkan ekosistem eSports yang kuat dengan turnamen seperti Pro League dan Six Invitational, yang menarik tim dan pemain profesional dari seluruh dunia.
  • Six Invitational: Turnamen tahunan ini menjadi acara puncak di ekosistem eSports Rainbow Six Siege, menawarkan hadiah besar dan menampilkan tim terbaik.

Dukungan Komunitas

  • Content Creator dan Streaming: Komunitas streaming dan content creator di platform seperti Twitch dan YouTube berperan besar dalam mempopulerkan game ini. Konten seperti tutorial, highlight, dan strategi membantu menarik pemain baru.

Kondisi Terkini dan Masa Depan

Pembaruan Terus-Menerus

  • Yearly Updates: Setiap tahun, Ubisoft merilis konten baru melalui “Year Pass” dan “Season Pass,” termasuk operator, peta, skin, dan event khusus.
  • Adaptasi Next-Gen: Dengan peluncuran konsol next-gen seperti PlayStation 5 dan Xbox Series X, Rainbow Six Siege menerima update untuk memanfaatkan kemampuan hardware baru, seperti peningkatan grafis dan performa.

Komunitas dan Pengaruh

  • Komunitas Aktif: Rainbow Six Siege memiliki komunitas pemain yang besar dan aktif, dengan forum, subreddit, dan server Discord yang ramai dengan diskusi, tips, dan update terbaru.
  • Pengaruh pada Genre: Game ini telah mempengaruhi banyak game lain dalam genre shooter taktis, dengan fokus pada penghancuran lingkungan dan taktik berbasis tim.

Kesimpulan

Dari awal yang sulit dengan kritik terhadap masalah teknis dan kurangnya konten, Rainbow Six Siege telah berkembang menjadi salah satu game shooter taktis paling populer dan dihormati di dunia. Dengan dukungan berkelanjutan dari Ubisoft, model “game as a service,” dan komunitas eSports yang aktif, Rainbow Six Siege terus menarik pemain baru dan mempertahankan basis pemain yang loyal hingga saat ini.

Anda mungkin juga suka...